22 April diperingati agar bumi lestari


Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April, seyogyanya menjadi momentum bagi kita semua dalam menjaga kelestarian planet bumi tercinta. Karena kelestarianya berperan besar bagi kelangsungan hidup kita semua. Tidak hanya khusus bagi umat manusia. Melainkan juga bagi makhluk hidup lainnya.

Bumi dengan segala isinya, merupakan satu kesatuan utuh yang tak terpisahkan. Ekosistem yang terdapat didalamnya merupakan suatu bentuk keseimbangan. Jika terdapat ketimpangan dalam suatu ekosistem, maka kelangsungan makhluk hidup didalamnya pun berada dalam ancaman.

Seperti yang tengah kita rasakan saat ini. Terjadi perubahan iklim yang ekstrem dengan cuaca yang bervariasi setiap hari. Jika hari ini turun hujan, esok hal tersebut belum tentu kembali terjadi. Mungkin sebaliknya, cuaca akan panas dengan tingginya terik matahari. Padahal jika meruntut pada siklus musim tahunan, harusnya telah memasuki musim panas di seantero negeri ini.

Perubahan iklim yang ekstrem, harusnya disikapi dengan sigap oleh kita semua. Mengingat kita adalah mikrokosmos yang memiliki peran vital dalam keseimbangan alam raya. Maka dengan demikia kita harus memiliki rasa peduli. Yaitu dalam menjaga lingkungan hidup yang berperan dalam menentukan nasib kita sekarang hingga kedepannya.

Untuk itulah tujuan diperingatinya Hari Bumi yang diselenggarakan sejak era 70-an. Selain sebagai bentuk simbolisasi, ternyata momen Hari Bumi telah menjadi semacam peringatan. Yaitu untuk mengingatkan betapa penting dan berharganya lingkungan. Oleh karena itu sejak diperingatinya, beribu aktivis dan masyarakat berperan aktif dengan melakukan beragam kegiatan.

Mengingat penting dan berharganya planet bumi ini. Maka kita harus ikut berperan aktif menjaganya sebagai bentuk partisipasi. Walau dengan contoh tindakan yang sederhana, namun telah memiliki andil menjaga bumi agar lestari. Misalnya, contoh perbuatan menghemat listrik sebagai bentuk dari hemat energi. Jika energi dapat kita hemat maka akan menjaga kelangsungan bumi ini.

Nah, sekarang tinggal rasa peduli dalam diri yang akan mendorong kita untuk aktif menjaga bumi ini. Karena sekecil apapun perbuatan kita dalam rangka menjaga bumi, telah mengandung manfaat yang besar bagi semua dan pribadi.

(sampahfly033/24/04/2010)

Iklan
Tulisan ini dipublikasikan di 1. Tandai permalink.

2 thoughts on “22 April diperingati agar bumi lestari

  1. Sesungguhnya bumi ini telah dirancang mampu hidup abadi.

    Manusia generasi terakhir, yaitu umat Muhammad adalah yang paling bertanggungjawab terhadap kelestarian dan kelangsungan hidup di muka bumi. Seharusnya merekalah yang mewujudkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta. Mampu merawat dan menjaga kehidupan di muka bumi.

    Sesungguhnya, tidak ada tempat lain dalam alam semesta ini. sebuah tempat yang dapat dikatakan sebagai surga. Bumi inilah sebenarnya surga bagi semua orang, bukankah diutusnya manusia turun dan beranak pinak di muka bumi dengan tugas utama memakmurkan bumi, …. Itulah sebagian dari rahasia penciptaan alam semesta.

    Bumi inilah yang nantinya akan dijadikan surga bagi orang-orang yang berhasil lolos dari seleksi. Dan penderitaan yang paling berat bagi mereka yang membuat kerusakan di muka bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s